Tingkatan Sistem Android Serta Ulasannya

 Hasil gambar untuk sistem android terbaru

Sekarang ini sudah banyak gadget yang menggunakan sistem android yang memang disukai oleh banyak masyarakat. Sistem operasi android menjadi pilihan utama banyak perusahaan khususnya merk terkenal seperti Samsung, ASUS dan juga Sony. Tentu hal ini mengundang banyak ketertarikan bagi pengguna smartphone khususnya yang sudah dilengkapi dengan kecanggihan fiturnya.

Belum lagi sekarang ini berbagai perangkat lunak sudah mendukung sistem android untuk bisa beroperasi dengan baik. mulai dari ekosistem google yang memberikan layanan seperti Gmail dan juga Maps. Sampai memudahkan untuk berkomunikasi melalui media sosial.

Baca juga: Memperkenalkan Twitter Lite, Versi Cepat dan Ringan dari Twitter

Sekarang ini Android sudah memasuki kategori Android 8, namun perusahaan juga masih mengembangkan android Oreo yang diinfokan sebagai android terbaru pada beberapa gadget. Nah dalam artikel ini akan kita bahas urutan sistem android pertama yang dirilis serta kelebihannya sampai android terbaru. Apa saja ?

  1. Android 1.5 Cupcake

Android pertama yang dirilis perusahaan bernama Cupcake dengan sistem android 1.5. Dimana android yang keluar pada tahun 2009 ini tentu menarik perhatian banyak masyarakat, selain namanya yang menggunakan makanan atau kue. Android versi ini sudah memberikan kelebihan yang tidak ada pada sistem lainnya.

Anda bisa menggunakan ponsel dengan dukungan keyboard virtual dari pihak ketiga atau perangkat tambahan. Selain itu, ponsel juga bisa memberikan tambahan seperti widget, auto rotate dan juga memberikan fitur dasar pada ponsel canggih sekarang ini.

  1. Android 1.6 Donut

Donut menjadi android selanjutnya yang keluar setelah cupcake. Dalam sistem ini tentu sudah ada yang diupgrade ataupun ditingkatkan, seperti halnya pendukung CDMA pada beberapa ponsel khusus, adanya mesin teks suara dan juga indikator penggunaan baterai. Sehingga anda bisa mengetahui takaran dan juga berapa banyak sisa baterai ponsel setelah digunakan. Memang tidak jauh berbeda mengingat android donut hanya upgrade sedikit dan berlabel 1.6.

Baca juga: ROG Phone, Ponsel Gaming dengan Spesifikasi Sempurna

  1. Android 2.0 Eclair

Update pada sistem android 2.0 Éclair memang cukup banyak. Pengguna android semakin dimudahkan dengan dukungan fisik ponsel yang kameranya semakin canggih, hal ini mempengaruhi sistem android yang menambahkan flash fokus hingga efek warna yang lebih bagus dan tidak menyakiti mata. Pada android ini, google juga menambahkan Live Wallpaper yang cukup keren pada awal kemunculannya.

  1. Andorid 2.2 Froyo

Memasuki sistem android 2.2 Froyo didukung juga pada gelombang teknologi yang semakin canggih. Sehingga perusahaan Android ikut mengembangkan secara besar-besaran sistemnya. Disini kecanggihan mulai terasa optimal khususnya bagian performa. Anda bisa merasakan adanya USB Thetering, Wi-Fi Hotspot, dan push notification yang sangat berguna hingga saat ini. padahal di jaman tersebut, wifi belum banyak digunakan dan masih banyak yang menggunakan modem. Android ini juga membantu memisahkan penyimpanan eksternal dan juga internal sehingga data menjadi lebih aman.

  1. Android 2.3 Gingerbread

Selanjutnya adalah Gingerbread yang resmi diluncurkan pada tahun 2003. Sebenarnya sistem operasi ini tidak jauh berbeda dengan Froyo, namun banyak masyarakat Indonesia yang senang akan sistem ini. Selain simpel dan juga dapat bekerja dengan optimal, Gingerbread masuk kedalam sistem yang efisiensi tenaganya bagus

Selain itu, pada generasi ini Google berhasil memberikan dukungan NFC atau Near Field Communication yang pada era sekarang sangat digunakan khususnya untuk sistem pembayaran di bidang usaha dan keuangan. Alasan ini yang membuat gingerbread lebih banyak disukai.

  1. Android 3.0 Honeycomb

Selanjutnya sistem android Honeycomb merupakan upgrade dari gingerbread. Namun tidak banyak perangkat yang tertarik dan menggunakan android ini. Padahal ketika  Android 3.0 Honeycomb diluncurkan oleh perusahaan, penampilannya sangat berbeda dan juga futuristik. Beberapa perangkat memang tertarik untuk bekerja sama, namun di Indonesia sendiri honeycomb kurang dilirik.

  1. Android 4.0 Ice cream sandwich

Siapa yang tidak tahu sistem android ini, dengan nama Android 4.0 Ice Cream Sandwich banyak perangkat yang menggunakan sistem ini dan merasa puas. Bisa dibilang ICS merupakan sistem dengan perombakan yang sangat besar dari google. Hal ini dibuktikan dengan bekerja samanya google dengan smartphone dan juga tablet.

Kelebihan lainnya adalah, Android ini terkesan lebih minimalis dan digunakan dengan sangat efisien. Android ICS bisa menggunakan NFC dengan cara cepat. Selain itu memungkinkan mentransfer data cukup besar. Kebanyakan yang menggunakan adalah produk Samsung.

  1. Android 4.1 Jelly Bean

Masuk ke android Jelly Bean sebagai android yang di upgrade dari ICS. Memang tidak jauh berbeda, karena dari penomoran saja ICS dan Jelly bean hanya berbeda 1 nomor. Diluncurkan tahun 2013, Jelly bean memang menawarkan perangkat keamanan pada gadget anda. Terlebih sudah muncul sosial media dan kejadian yang bisa membongkar privacy anda di smartphone. Selain itu Jelly bean menawarkan Namun ada satu fitur yang benar – benar perlu diketahui, yakni dukungan resolusi UHD 4K yang sudah mulai lumrah ditemukan saat ini.

  1. Android 4.4 Kitkat

Android 4.4 kitkat termasuk android yang baru saja dirilis yakni di tahun 2016. Dimana android ini meningkatkan performa dan juga user experience. Bukannya menurun namun lebih kepada mengganti target pasar yang menggunakan android. Kitkat bisa digunakan pada ponsel atau perangkat yang memiliki RAM 512 MB saja. selain itu kitkat juga bisa digunakan pada ponsel bergolongan spek rendah, banyak perusahaan yang mengeluarkan ponsel dengan harga yang middle to low untuk menyeseuaikan kebutuhan pasar.

  1. Android 5.0 Lollipop

Semakin meningkat, android mengeluarkan seri Lollipop. Dimana seri ini banyak ditunggu oleh msyarakat khususnya di Indonesia. Dengan sistem yang di upgrade jauh dari kitkat. Lollipop sudah dirumuskan sejak 2014, namun baru diluncurkan tidak lama setelah kitkat. Pada sistem ini anda sudah bisa mengakses notifikasi dari lockscreen. Sehingga terlihat lebih efisien dan canggih.

  1. Android 6.0 Marshmallow

Dalam android 6.0 ini, google memberikan fitur terbaru dan juga canggih. Hal ini semakin didukung dengan android Marshmallow yang bisa menggunakan dukungan sensor pindai jari, dukungan USB dengan type C dan juga multi window layaknya komputer yang memudahkan penggunaan teknologi khususnya ponsel.

  1. Android 7.0 Nougat

Nougat merupakan sistem android yang selanjutnya keluar setelah marshmallow. Sehingga tidak jauh berbeda dan perbedaannya tidak besar. Namun Android nougat ini juga banyak disukai oleh karena ketika dioperasikan lebih halus dan juga bagus.

  1. Android 8.0 Oreo

Ini merupakan android terbaru yang ada dan dirilis baru-baru ini. dirilis bertepatan dengan gerhana matahari di Amerika Aserikat. Versi ini memberikan pembaharuan yang banyak, dimana anda bisa menemukan Dots, Picture in Picture, fitur Autofill, emoji yang baru dan masih banyak lagi.

Itulah ulasan dan keunikan yang bisa didapatkan oleh anda pengguna android. Dimana, sistemnya terus berkembang dan juga menggunakan nama makanan yang dirasa menarik perhatian banyak pengguna serta masyarakat.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *