Kalau Anda Alami Hal Ini, Tandanya Smartphone Yang Sekarang Perlu Dipensiunkan

Image result for broken smartphone

Smartphone, seperti namanya gadget satu ini memang super cerdas sampai-sampai bisa mengatasi hampir semua masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Hal ini membuat banyak orang tak bisa hidup tanpa smartphone. Tak heran sih, sebab saat ini sudah banyak fungsi benda yang bisa digantikan dengan smartphone saja sehingga lebih praktis. Bukan tidak mungkin kalau suatu saat nanti Anda tak perlu membawa apapun di dalam tas dan hanya perlu menenteng smartphone saja.

Hal pertama yang fungsinya sudah mulai tergantikan oleh smartphone adalah jam dinding dan jam tangan. Banyak lho, orang yang kini tak terlalu mementingkan memasang jam dinding di dalam ruangan karena kapanpun ingin tahu waktu, bisa dengan mudah melirik smartphone kesayangan. Bahkan jam dinding pun dianggap tak fleksibel karena harus diganti baterainya secara berkala, sedangkan smartphone tinggal di-charge saja. Jam tangan pun juga mulai tergeser fungsinya karena adanya smartphone. Kebanyakan orang kini memakai jam tangan hanya untuk alasan gaya, bukan lagi dikarenakan fungsi utamanya untuk melihat waktu.

Erat hubungannya dengan jam tangan, Anda pun tak perlu lagi menggunakan jam beker sebagai alarm. Di dalam smartphone sudah ada fitur alarm yang membuat berbagai momen penting tidak akan terlewat. Bagaimana smartphone mati, otomatis alarm tak akan berbunyi, kan? Wah, jangan salah! Meski smartphone dalam keadaan mati, alarm ini akan tetap berbunyi di waktu yang sudah Anda tetapkan. Praktis sekali, kan?

Baca juga: Serunya Utak-Atik Instagram Untuk Temukan Berbagai Fitur Yang Jarang Digunakan

Berhubungan dengan waktu, kini hari dan tanggal juga bisa diketahui melalui smartphone, tak perlu lagi melongok kalender. Kalau dulu di setiap rumah punya lebih dari 1 kalender, kini hal sudah berubah. Melihat hari dan tanggal jauh lebih praktis melalui smartphone, apalagi kita juga bisa sekaligus mencatat acara penting melalui aplikasi yang ada. Jadi tak ada lagi yang namanya melingkari tanggal di kalender untuk mengingat suatu momen penting.

Selain jam dan kalender, kalkulator kini juga makin tak dilirik. Kalau ingin menghitung sesuatu, bisa dengan mudah dilakukan melalui smartphone. Bahkan tak hanya penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian saja, melalui smartphone Anda juga bisa mengecek nilai tukar mata uang, suhu, hingga berbagai rumus sulit yang dulunya tak bisa dipecahkan dengan mudah. Selain itu, sudah banyak pula aplikasi yang membuat Anda bisa mengartikan huruf asing yang tertulis di buku atau media lain. Jadi misalnya saja jalan-jalan ke Jepang dan Anda kesulitan membaca petunjuk yang ada di stasiun, tinggal foto hurufnya dan secara otomatis Anda akan bisa mengetahui cara baca sekaligus artinya dalam bahasa Inggris atau Indonesa. Dengan cara ini, kamus pun tak lagi dibutuhkan, bukan?

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Samsung Note 8

Dengan berbagai manfaat dari smartphone tersebut, tak heran jika gadget satu ini menjadi salah satu kebutuhan primer masa kini. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang tak peka dengan kondisi smartphonenya. Nah, kalau Anda mengalami satu atau beberapa hal berikut ini, tandanya smartphone sudah mulai rusak dan harus diganti supaya bisa berfungsi dengan maksimal:

Baterai cepat habis dengan penggunaan minim

Hal pertama yang menjadi penanda kalau smartphone sudah waktunya diganti adalah baterai yang sangat boros. Normalnya, smartphone bisa bertahan hingga satu hari dengan pemakaian minim, dan setengah hari dengan pemakaian yang berlebih. Jadi seandainya smartphone dipakai untuk chat, buka media sosial, ngegame, dan nonton YouTube, jangan heran jika dalam beberapa jam baterainya sudah akan habis. Tapi kalau cuma dipakai balas pesan lewat WhatsApp beberapa kali dan kemudian baterai ngedrop, itu tandana smartphone perlu diganti dengan yang baru.

Selalu lemot jika dipakai berganti fungsi

Saat sedang asyik nonton video YouTube, tiba-tiba ada pesan chat masuk. Harusnya sih, smartphone normal bisa membuat Anda membalas pesan chat dengan cepat dan kembali lagi ke video yang sebelumnya ditonton. Tapi kalau sampai  smartphone langsung lemot saat dipakai untuk berganti-ganti fungsi seperti itu, artinya ada yang salah pada RAM atau memorinya. Lebih baik ganti saja dengan yang baru daripada makan hati setiap hari berhadapan dengan smartphone yang lemot.

Kamera tak memadai untuk berfoto

Salah satu fungsi utama smartphone yang saat ini banyak digemari adalah untuk berfoto. Bahkan banyak sekai hasil foto dengan kamera smartphone yang sama bagusnya dengan hasil foto dari kamera profesional seperti DSLR. Nah, kalau Anda punya smartphone tapi kameranya tak bisa menangkap gambar dengan baik, entah itu sering ngeblur atau terlihat gelap, ini waktunya untuk berganti smartphone. Sudah banyak kok, smartphone berharga terjangkau yang dilengkapi dengan fitur kamera terbaik.

Tak bisa menjalankan aplikasi tertentu

Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang bisa mempermudah kehidupan sehari-hari. Sayangnya, ada beberapa tipe smartphone yang tidak bisa menjalankan aplikasi terkini. Hal tersebut dikarenakan sistem operasi yang ada di dalamnya masih belum terlalu canggih dan tidak bisa menerapkan teknologi baru yang dimiliki oleh sebuah aplikasi. Dengan kata lain, smartphone Anda sudah ketinggalan zaman sehingga ini waktu yang tepat untuk menggantinya.

Memiliki tingkat keamanan rendah

Dengan segala kecanggihan yang ada, smartphone kini sudah sama pentingnya dengan dompet. Di dalamnya terdapat identitas pribadi, pesan-pesan penting, bahkan smartphone juga sering terhubung ke akun-akun perbankan. Akan sangat merugikan sekali kalau sampai ada orang yang dengan sengaja ‘membajak’ smartphone Anda dan mengambil data penting di dalamnya untuk hal yang tidak baik. Maka dari itu, pastikan Anda mengganti smartphone dengan yang memiliki sistem pengamanan berupa pendeteksi sidik jari. Jadi ketika smartphone jatuh ke tangan yang salah, mereka tetap tidak akan bisa mengakses apa yang ada di dalamnya.

Susah dicari sparepart-nya

Ada merek-mereka smartphone yang dulu sangat terkenal tapi saat ini sudah mulai tenggelam di pasaran. Anda mungkin masih bertahan menggunakannya karena berbagai alasan klasik seperti sudah terlanjur cocok atau merasa masih awet sampai sekarang. Tapi sekali saja mengalami kerusakan, Anda akan sulit mengembalikan kondisinya seperti semula karena spare part dari smartphone semacam ini sudah sulit ditemukan di pasaran. Jadi dari pada terlambat, mending beli smartphone baru yang lebih umum sebagai cadangan.

Untuk mendapatkan smartphone yang cocok dengan Anda, pastikan selalu jeli dalam memilihnya. Tidak semua smartphone canggih itu baik, sebab ada beberapa fitur yang malah membuat bingung pengguna atau menjadikan harganya lebih mahal. Jadi kalau memang Anda tidak terlalu butuh, tak masalah memilih smartphone kelas menengah yang cocok di hati dan di kantong.

Bagaimana? Apakah Anda merasa sudah waktunya gatni smartphone? Kalau merasa belum saatnya beli yang baru, pastikan selalu rawat dengan baik smartphone yang sekarang supaya bisa awet digunakan.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *